Parah ! Ratusan Guru agama di 'kota bertakwa' kendari tidak pintar mengaji

SHARE:

Guru agama yang tidak lancar melafalkan ayat suci alqur'an ini rata rata bertugas sebagai tenaga pengajar di berbagai jenjang pendidikan di kota yang berjuluk 'Kota Bertakwa '.

SULTRA NEWS, Kendari,  Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi sulawesi tenggara (Sultra) baru baru ini melakukan penilaian kepada seluruh pegawai negeri sipil  guru Agama Islam di Kota Kendari.

Guru guru agama di undang untuk ikut lomba baca Alquran. Dan hasilnya, dari 190 peserta yang berpredikat guru agama, ditemukan sebanyak 107 orang guru agama tidak fasih alias kesulitan membaca Alquran.

Abdul Kadir selaku Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sultra  saat dikonfirmasi mengakui hal tersebut , informasi itu baru saja di terimanya.
“Saya baru tahu, tadi malam itu ada 107 orang guru agama tidak lancar mengaji,” ungkapnya saat ditemui di gedung DPRD Sultra.

Abdul Kadir menyampaikan , Guru agama yang tidak lancar melafalkan ayat suci alqur'an  ini rata rata bertugas sebagai tenaga pengajar di berbagai jenjang pendidikan di kota berjuluk 'Kota Bertakwa ini'. Ada yang mengajar di tingkat SD, SMP sampai Tingkat SMA ataupun sederajat.
Lain dari itu, usia guru agama tersebut juga beragam. Dari yang berusia 40 tahun hingga yang menjelang masa pensiun, 60 tahun.

“Pihak Kementerian agama Kota Kendari telah melakukan pembinaan kriteria, dari sedang, mampu hingga kurang mampu. Bahkan banyak yang ditemukan hampir semua kurang mampu,” katanya.
Dari hasil penilaian itu, menurut dia, mereka yang masuk kategori nilai C atau kurang fasih, akan segera dibina secara preventif. Bahkan, untuk guru agama yang dinilai berusia muda, akan ditunda pembayaran gaji tunjangannya.

“Kalau persoalan tidak fasih itu berarti terkait tajwid dan mahraj-nya. Dari jumlah 190 orang guru ada 107 orang guru agama yang bermasalah,” jelasnya.
Menurutnya, Guru guru madrasah yang tidak lancar baca Alquran ini diakibatkan oleh proses rekruitmen yang dimana pada proses itu tidak mencantumkan syarat fasih membaca Alquran.
Lain dari pada itu, Mereka yang menjadi suplaiyer guru agama dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, ikut juga menjadi masalah.

“Maka dari itu Kemenag meminta yang menjadi suplaiyer dari perguruan tinggi IAIN ikut memperketat keluarnya mahasiswanya. Sebelum diizinkan ikut ujian skripsi, maka mahasiswa itu wajib memiliki sertifikasi serta memenuhi syarat lancar mengaji,” paparnya.

Sertifikat ini nantinya , kata dia, Akan dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi yang dibentuk oleh perguruan tinggi dimaksud.
Dia mengatakan, proses rekrutmen Pegawai Negeri Sipil di ruang lingkup Kemenag adalah kewenangan Badan Kepegawaian Nasional.

“Perekrutan PNS itu di luar Kemenag. mereka di tes bukan dengan cara baca Alquran, akan tetapi dengan pengetahuan umum dan kompetensi,” ujarnya.

Untuk guru agama yang dianggap sudah tua, Kemenag menginginkan agar sekiranya mereka tetap memperbaiki kinerja. Sedangkan bagi guru guru yang masih berusia muda, akan diberikan sanksi penundaan pembayaran tunjangan sertifikasinya.

“Kalau guru agama yang masih muda kami tidak tolerir. Kami juga akan memperketat syarat jadi guru agama yang nantinya akan ditempatkan di sini,” jelasnya.

Abdul Kadir menjelaskan, Efek buruk dari guru agama yang tidak bisa mengaji ini akan berdampak kepeserta didik, mereka akan minim pengetahuan terutama dalam hal membaca ayat ayat alqur'an.

“Akibatnya tidak bisa mengaji, secara moril terbebani kalau bicara kebaikan,” tuturnya.

Penilaian terhadap para guru agama ini baru dilakukan di tingkat Kota Kendari, Ke depannya Kemenag Sulawesi tenggara akan memberlakukan hal yang sama kepada seluruh wilayah kabupaten maupun kota.

“Untuk saat ini di tingkat provinsi, belum dilakukan. Tapi sudah akan di agendakan ke depannya. Tidak lama lagi,” tuturnya.

COMMENTS

Name

albinen,1,Alimazi-Lukman,2,Alimazi-Lukman abunawas,2,AMAN,3,Aplikasi-Grab,1,Asal tau saja,9,asrun-hugua,1,Bandara Betoambari,1,bau-bau,1,Berita dunia,15,berita viral,15,berpuasa,1,bulan puasa,1,Buton,5,Buton utara,1,cagub sultra,3,daerah,15,di gigit monyet,1,dikbud-sultra,2,dishub-sultra,1,edukasi,1,Ekobis,2,Fokus,5,Foto Foto,1,generasi micin,1,hukum dan kriminal,14,Informasi anak,5,Informasi tanaman,1,Infotainment,1,Islam,1,Junk Food,1,Kalosara,1,Kebakaran,1,kemenag-sultra,1,Kendari,13,Kesehatan,9,kids jaman now,1,kisah inspiratif,1,KK,1,Kolaka,4,kolaka timur,1,kolaka utara,3,Konawe,1,Konawe selatan,1,konawe utara,3,konawe-kepulauan,1,Kosambi,1,KTP,1,Kuliner,6,Labengki,1,mahasiswa sultra,1,makassar,2,manfaat buah,3,Mekongga,1,Muna,1,Narkoba,1,Nusantara,25,opini,2,palestina,3,Pekerja Anak,1,Pemkot Kendari,1,pencabulan,6,pendidikan,1,Penerimaan PNS 2018,1,Pilgub 2018,1,pilgub sultra 2018,3,politik,9,polres konawe,1,Pomalaa,1,Pulau weh,1,ramadhan,1,Ranomeeto,2,Registrasi SIM,1,Sail sabang,5,Samarinda,1,sayuran,1,Sejarah,1,siksa cucu,1,sirsak,1,sosial budaya,3,suku bugis,1,Suku Tolaki,1,Sulawesi tenggara,6,Sultra,25,swiss,1,Tangerang,3,tawuran anak sd,2,Teknologi,5,Tempat wisata,8,Tenaga Honorer,1,ujung pandang,1,unik,1,wakatobi,1,Walikota Kendari,1,yogyakarta,1,Zimbabwe,1,
ltr
item
Sultra News ~ Jaring Berita dan Informasi Terkini: Parah ! Ratusan Guru agama di 'kota bertakwa' kendari tidak pintar mengaji
Parah ! Ratusan Guru agama di 'kota bertakwa' kendari tidak pintar mengaji
Guru agama yang tidak lancar melafalkan ayat suci alqur'an ini rata rata bertugas sebagai tenaga pengajar di berbagai jenjang pendidikan di kota yang berjuluk 'Kota Bertakwa '.
https://1.bp.blogspot.com/-mH7pR8bEYOs/WhHBUXcIWcI/AAAAAAAAPzE/sdm8uO2PvMomI5WSPYi6jix5zt_P3RgbwCLcBGAs/s320/Abdul-kadir-Kepala-Kantor-wilayah-kemenag-sultra.png
https://1.bp.blogspot.com/-mH7pR8bEYOs/WhHBUXcIWcI/AAAAAAAAPzE/sdm8uO2PvMomI5WSPYi6jix5zt_P3RgbwCLcBGAs/s72-c/Abdul-kadir-Kepala-Kantor-wilayah-kemenag-sultra.png
Sultra News ~ Jaring Berita dan Informasi Terkini
http://www.sultra.news/2017/11/parah-ratusan-guru-agama-di-kota.html
http://www.sultra.news/
http://www.sultra.news/
http://www.sultra.news/2017/11/parah-ratusan-guru-agama-di-kota.html
true
7314439676555849227
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts + Index Baca berita... Reply Cancel reply Delete Oleh Home PAGES POSTS View All Disarankan untuk anda Kategori ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy