Bentuk Kepala Bayi Gepeng dan Tidak Simetris? rubah Posisi Bayi Saat Tidur

SHARE:

Cara jitu atasi bentuk Kepala Bayi Gepeng

Sultranews - Bentuk kepala bayi dapat dipengaruhi oleh posisi bayi saat ia tidur, hal ini akibat kepala bayi masih sangat lunak.
Oleh karena itu Anda perlu sering mengganti posisi kepala bayi Anda saat ia sedang tidur, terutama di bulan-bulan pertama kelahirannya.

Jangan terlalu lama membiarkan posisi bayi Anda dalam posisi miring, dan jangan pula telentang dalam waktu yang lama karena hal ini dapat menyebabkan kepala bayi Anda datar (positional plagiocephaly) atau biasa disebut "flathead".

Dari hasil riset Dr. Matthew L. Speltz, spesialis tumbuh-kembang anak dari University of Washington School of Medicine, Amerika Serikat, tahun 2010, bila tidak diatasi, bayi-bayi dengan "flathead" berisiko mengalami keterlambatan perkembangan fisik dan mental. Misalnya, lamban dalam merespons kondisi di sekitarnya, mengalami keterlambatan dalam kemampuan merangkak, berguling, dan mengangkat perutnya dengan bertumpu pada kedua tangannya.

Selain bagian belakang kepalanya terlihat datar, bayi yang mengalami plagiocephaly atau flathead biasanya juga mengalami sedikit pergeseran letak kedua daun telinga. Yakni, salah satu daun telinganya ada lebih dekat ke arah wajah sementara daun telinganya yang lain lebih jauh dari wajahnya. Penelitian menunjukkan, kondisi ini lebih banyak dialami bayi laki-laki daripada bayi perempuan, selain itu juga lebih sering ditemukan pada bayi dengan berat lahir rendah (BBLR).

Menurut hasil riset dr. Ricardo Hahn, spesialis anak dari University of Southern California, Amerika Serikat, menunjukkan bayi-bayi yang mengalami plagiocephaly umumnya tidak dapat dipulihkan kembali bentuk kepalanya hingga 100%, meski pun dilakukan koreksi dengan menggunakan semacam helm khusus. Oleh karena itu lebih baik kita mencegah terjadinya kepala bayi menjadi “gepeng” sedini mungkin. Upaya yang dapat Anda lakukan, antara lain:
  • Biarkan bayi Anda tidur dengan posisi miring. Bila Anda sering mengganti posisi tidur bayi di malam hari, biasanya bagian belakang kepala yang mulai mendatar akan segera kembali ke bentuk normal.
  • Ubah posisi tubuh bayi jadi tengkurap selama beberapa jam, tetapi Anda harus selalu mengawasinya selama dia tidur dalam posisi ini, untuk mencegah terjadinya SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) atau sindroma bayi meninggal mendadak.
  • Gunakan bantal khusus untuk mencegah bagian belakang kepala bayi menjadi datar. Atau, gunakan selimut yang dibentuk sedemikian rupa untuk mempertahankan bentuk bagian belakang kepala bayi agar tetap membulat selama tidur telentang.
  • Ajaklah bayi Anda bermain dengan posisi tubuh telungkup sesering mungkin.
  • Sering-seringlah menggendong bayi Anda.
Umumnya, dalam waktu 6 minggu bagian belakang kepala bayi yang datar akan segera pulih dengan sendirinya apabila posisi tidurnya sering diganti, serta dilakukan upaya-upaya meminimalkan bayi tidur dengan posisi telentang, baik saat tidur maupun saat terjaga. Apabila bagian belakang kepala bayi Anda tetap terlihat datar dan tidak simetris hingga dia berumur 6 minggu, segeralah bawa ke dokter.  

COMMENTS

Name

Asal tau saja,3,Berita dunia,10,berita viral,9,Buton,3,daerah,10,edukasi,1,Ekobis,2,Fokus,4,hukum dan kriminal,4,Informasi anak,4,Infotainment,1,Islam,1,Kendari,6,Kesehatan,3,Kolaka,1,kolaka timur,1,kolaka utara,1,Konawe selatan,1,konawe utara,1,konawe-kepulauan,1,Kuliner,6,Muna,1,Nusantara,15,opini,2,palestina,3,politik,4,sosial budaya,2,Sultra,11,Teknologi,3,Tempat wisata,4,unik,1,wakatobi,1,
ltr
item
sultranews - situs berita sultra: Bentuk Kepala Bayi Gepeng dan Tidak Simetris? rubah Posisi Bayi Saat Tidur
Bentuk Kepala Bayi Gepeng dan Tidak Simetris? rubah Posisi Bayi Saat Tidur
Cara jitu atasi bentuk Kepala Bayi Gepeng
https://2.bp.blogspot.com/-e9X5kJH9XtM/UW6o6vmzOrI/AAAAAAAAACM/9OXd_pxadzc/s320/bayi+tidur.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-e9X5kJH9XtM/UW6o6vmzOrI/AAAAAAAAACM/9OXd_pxadzc/s72-c/bayi+tidur.jpg
sultranews - situs berita sultra
http://www.sultra.news/2017/07/bentuk-kepala-bayi-gepeng-dan-tidak.html
http://www.sultra.news/
http://www.sultra.news/
http://www.sultra.news/2017/07/bentuk-kepala-bayi-gepeng-dan-tidak.html
true
7314439676555849227
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts + Index Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy