6 Langkah Jitu batasi Si Kecil yang Aktif Bermain Game di Gadget

SHARE:

Cara atasi sikecil yang aktif bermain game

Sultranews.com- Si kecil terlalu asik main game di gadget sampai lupa waktu? itu artinya si kecil sudah adiktif. Membelikan  gadget untuk si kecil memang menyenangkan. Tapi hati-hati. Anda sebagai orangtua harus perhatikan benar-benar waktu bermainnya. Karena bila terlalu sering, bisa berdampak negatif bagi perkembangan emosionalnya.

Padahal pada usianya, si kecil harusnya juga bergerak dan bermain. Selain berguna untk melatih kemampuan motorik kasar anak, bermain dengan teman sebaya akan mengasah kemampuannya berkomunikasi.


Nah, sebagai orangtua, kita harus lebih pro-aktif untuk  membantunya mengurangi kebiasaan ini. Berikut beberapa saran untuk Anda:

Batasi waktu bermain gadget
Tentukan waktu untuk si kecil main game setiap harinya. Beberapa orangtua bahkan menerapkan larangan main game untuk anaknya pada hari sekolah dan diperbolehkan hanya pada hari libur. Dua jam per hari adalah waktu normal untuk si kecil bermain game di gadget. Jangan lebih dari itu. Semakin lama anak terpapar layar gadget maka semakin berkurang juga daya konsentrasi anak karena mempunyai pengaruh terhadap neurotransmitter otak yaitu dopamine.

Jangan meninggalkan gadget sembarang
Ketika dilarang, si kecil bisa saja mengambil gadget tanpa sepengetahuan Anda. Simpan gadget di tempat yang tidak ia ketahui. Keluarkan bila waktunya ia bermain dan kembalikan ke tempatnya bila waktunya usai.

Cari kegiatan lain
Untuk mengalihkan perhatiannya pada game, ajak si kecil bermain hal lain yang dapat membantu perkembangan motoriknya. Membaca buku cerita, menyanyi atau menggambar adalah beberapa alternatif kegiatan bersama yang baik.

Password di gadget
Gunakan password di gadget Anda. Tentunya ia jangan sampai tahu. Jadwalkan waktu bermain dan beritahu si kecil kalau ia boleh main game setelah menyelesaikan tugas sekolahnya.

Bermain bersama
Menemani si kecil main game tak hanya meningkatkan hubungan sosial, tapi juga ikut memperhatikan game yang ia mainkan di gadgetnya. Hati-hati, karena sekarang banyak game yang tidak cocok untuk anak se-usianya.

Olahraga di luar rumah
Ajak si kecil berolahraga bersama keluarga atau bersama teman-temannya agar melatih fisiknya, meningkatkan kecerdasan anak dan meningkatkan jiwa sportifitasnya.

Namun jangan melarangnya main game sama sekali. Karena ada game yang juga memberikan efek positif bagi si kecil. Tugas orang tua adalah membatasi dan menyaring jenis permainan sehingga si kecil mempunyai waktu untuk kegiatan lain dan memastikan si kecil memainkan games yang sesuai dengan usianya.

Hal lain yang harus kita lakukan adalah memastikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan menjaga kondisi tubuh si kecil selalu fit. Selain makanan, berikan tambahan multivitamin bila diperlukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Pilihlah multivitamin yang mengandung bahan alami yang relatif aman bagi anak Anda. Saat ini tersedia multivitamin dengan kombinasi ekstrak Temulawak yang sudah teruji khasiatnya secara klinis dan juga telah dikombinasikan dengan zat gizi lainya untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan vitaminnya.

COMMENTS

Name

Asal tau saja,3,Berita dunia,10,berita viral,9,Buton,3,daerah,10,edukasi,1,Ekobis,2,Fokus,4,hukum dan kriminal,4,Informasi anak,4,Infotainment,1,Islam,1,Kendari,6,Kesehatan,3,Kolaka,1,kolaka timur,1,kolaka utara,1,Konawe selatan,1,konawe utara,1,konawe-kepulauan,1,Kuliner,6,Muna,1,Nusantara,15,opini,2,palestina,3,politik,4,sosial budaya,2,Sultra,11,Teknologi,3,Tempat wisata,4,unik,1,wakatobi,1,
ltr
item
sultranews - situs berita sultra: 6 Langkah Jitu batasi Si Kecil yang Aktif Bermain Game di Gadget
6 Langkah Jitu batasi Si Kecil yang Aktif Bermain Game di Gadget
Cara atasi sikecil yang aktif bermain game
https://2.bp.blogspot.com/-TWgOgmyuExs/U81w-ClhllI/AAAAAAAAAhs/a6iTLNks5PI/s320/Si+kecil+bermain+Game+di+Gadget+baik+atau+buruk.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-TWgOgmyuExs/U81w-ClhllI/AAAAAAAAAhs/a6iTLNks5PI/s72-c/Si+kecil+bermain+Game+di+Gadget+baik+atau+buruk.jpg
sultranews - situs berita sultra
http://www.sultra.news/2017/07/6-langkah-jitu-batasi-si-kecil-yang.html
http://www.sultra.news/
http://www.sultra.news/
http://www.sultra.news/2017/07/6-langkah-jitu-batasi-si-kecil-yang.html
true
7314439676555849227
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts + Index Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy